Jumat, 15 Mei 2015

Bunyi


Bunyi tercipta karena benda bergetar.Sebuah karet gelang yang direntangkan,kemudian dipetik akan bergerak naik turun.Getaran inilah yang dimaksud dengan getaran.Getaran pada permukaan benda dapat menimbulkan bunyi.Permukaan gelas ygn dipukul,pintu yng diketuk,meja yng ditepak akan bergetar dan menimbulkan bunyi. Getaran terjadi sangat cepat dan sulit dilihat tanpa alat bantu.
Bunyi berbeda karena benda terbuat dari bahan yang berbeda dan mempunyai ketebalan yagn tidaksama.Hal itulah yng menyebabkan perbedaan bunyi botol kosong dan botol berisi cairan.Cairan di dalam botol meredam getaran sehingga bunyinya menjadi lemah.Jika isi cairan dalam botol diatur sedimikian rupa,bunyi dari setiap botol akan menghasilkan bunyi yang teratur atau sering kita sebut dengan nada.
a.       Frekuensi Bunyi.
Getaran sebuah benda akan menghasilkan bunyi. Benda dapat bergetar cepat atau lambat. Getaran yang lambat akan menghasilkan nada yang rendah. Sedangkan benda yang bergetar dengan cepat akan menghasilkan nada tinggi.
Dalam fisika gelombang bunyi, jumlah getaran dalam satu detik disebut frekuensi. Frekuensi diukur dengan satuan hertz atau biasa disingkat dengan dua huruf yaitu HZ. Frekuensi 100 HZ artinya terjadi 100 getaran dalam satu detik.

Sebuah gitar memiliki jenis senar yang berbeda. Ada senar yang tipis, sedang, dan tebal. Perbedaan jenis senar ini akan membuat gitar memiliki frekuensi yang berbeda ketika bergetar. Senar yang tipis akan menghasilkan nada tinggi, sedangkan senar yang tebal akan menghasilkan nada yang rendah. Senar yang bergetar bersamaan akan menghasilkan perpaduan bunyi yang indah.

Sumber :  http://fandychis.blogspot.com/2012/05/artikel-bunyi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar